Arti Nama Muhammad yang Populer Menurut Islam dan Artinya

Avatar of Admin
Arti Nama Muhammad
youtube.com

Arti nama Muhammad tentu tak asing lagi. Nama yang cukup populer dikalangan umat muslim ini banyak digunakan dan menjadi panggilan untuk anak laki-laki.

Karena memilih nama anak yang tepat memang tidaklah mudah. Bukan hanya sekedar identitas namun memberikan efek positif dan menginspirasi mengandung doa didalamnya.

Arti Nama Muhammad
youtube.com

Asal Bahasa dan Arti Nama Muhammad yang Wajib Anda Ketahui

Pada dasarnya orang tua mengharapkan anak menyandang nama Muhammad adalah meneladani sifat terpuji Rasulullah. Selain sapaan dan panggilan lebih terdengar Islami,  Muhammad memiliki arti yang baik.

Arti Muhammad berasal dari Bahasa Arab hammada ( حَمَّدَ) yang berarti syukur, puji, terimakasih, yang terpuji. Bahkan dalam Al Quran, Muhammad disebut hingga berulang Kali. Sebenarnya penyebutan ini merujuk pada Nabi Muhammad SAW.

Maka tak heran bahwa umat muslim menggunakan kata Muhammad sebagai pilihan untuk sang buah hati. Dengan harapan kelak meneladani dan tumbuh dengan akhlak seperti Nabi Muhammad. Anjuran untuk umat muslim adalah menggunakan nama yang baik.

Hal ini dapat menjadi nama panggilan ketika di padang mahsyar. Selain itu sebagai wujud penghormatan orangtua terhadap anak. Seperti sabda Rasulullah bahwa muliakanlah anak-anakmu dan perbaguslah nama-nama mereka.

Dalam Al Qur’an menyebutkan arti nama Muhammad dalam surah Al Fath 29, surat Ali Imran 144, surat Al Ahzab 40, Muhammad 2. Bahkan Nama beliau yakni Ahmad dalam surat As Shaf 6. Nama Muhammad juga memiliki arti dirahmati, berdoa dengan baik, berdoa dengan baik, pendiri agama Islam, laki-laki yang agung.

Baca Juga  7 Ide dan Tema untuk Baby Shower Anda - Buat Si Kecil Nyaman

Dari arti Muhammad tersebut tersemat makna untuk anak agar menjadi anak laki-laki yang sholeh, penyayang, membawa kebaikan, taat pada agama, berguna dan sebagai pelindung.

Rangkaian Nama Menggunakan Muhammad

Tentunya nama Muhammad tersebut dapat Anda kombinasikan serta gabungkan dengan nama lainnya sehingga membentuk kesatuan rangkaian yang indah.

Misalkan saja dengan rangkaian Ibrahim Muhammad Abdullah. Nama anak dari pasangan Oki dan suami ini memiliki nama yang indah. Jika diartikan satu persatu, Ibrahim berarti nama nabi yang memiliki makna penguasa yang baik. Sementara Muhammad  memiliki arti terpuji. Untuk Abdullah berarti hamba Allah.

Rangkaian nama lain yakni Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan. Salah satu anak dari Alfin Faiz dan Larissa Chou ini memberikan nama yang cukup indah. Arti nama Muhammad dalam bahasa Arab berarti yang terpuji, dalam bahasa indonesia berarti sempurna dan bahagia. Sementara Nama Yusuf diambil dari salah satu nama nabi Allah yang memiliki arti indah atau tampan.

Sementara kata Alvin memiliki karakteristik seseorang dengan jiwa pendidik atau dengan kemampuan berbicara yang baik dan penuh inspirasi. Pada nama Ramadhan berarti bulan baik, suci.

Nama Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino yang merupakan putra dari Dude Harlino dan Alyssa Soebandono juga menyematkan nama Muhammad untuk putranya.

Baca Juga  Arti Nama Haikal untuk Bayi Laki-Laki, Berikut Penjelasan dan Maknanya!

Nama Muhammad diambil dari nama nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Dirgantara memiliki arti angkasa. Nama tersebut memiliki makna bahwa anak akan memiliki mimpi setinggi langit. Selain itu dengan harapan anak menjelajah ruang tinggi yang tak terjangkau orang lain.

Untuk nama Ariendra berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti bijaksana dan teguh. Sedangkan Harlino pada akhir nama merujuk ada nama yang ayah.

Menurut Syaikh Said Abdul Azhim, arti nama Muhammad dan sifat-sifat nabi Muhammad SAW memiliki sifat seperti jujur, amanah, benar, manusia yang paling mulia, elok, diberkahi Allah, dan menyenangi kebaikan.

Tubuh yang kuat, keturunannya sebagai pemimpin bangsa, tangan kanan yang menakjubkan dan kata-kata lembut. Sehingga banyak orang yang menggunakan nama Muhammad untuk putranya.

Salah satu rangkaian berupa Muhammad Arupalaka Caliefah Darmawan Khan, yang merupakan putra dari Fardhan Khan dan Mikaila Patritz juga menyematkan nama Muhammad.

Muhammad sendiri dengan artian diatas. Sementara Aru Palaka berasal dari Arung Palaka Sultan Bone, Caliefah terinspirasi dari kata Khalifah yang memiliki arti gelar yang diberikan untuk penerus Nabi Muhammad. Hal ini terkait dengan kepemimpinan umat Islam.

Chaliefah adalah kepedulian terhadap sesama, tidak mementingkan diri sendiri, ekspresif dan kreatif, serta patuh terhadap kewajiban. Sementara Darmawan berarti memenuhi janji atau dermawan. Arti nama Muhammad tersebut kini dapat Anda ketahui secara lengkap.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.