Arti Nama Azzahra Identik dengan Penamaan Arab dan Sangat Bermakna

Avatar of Admin
Arti Nama Azzahra Identik dengan Penamaan Arab dan Sangat Bermakna
Ilustrasi arti nama Azzahra. Foto: Ist/Net

Arti nama Azzahra yang sering kali digunakan untuk menamai anak perempuan. Azzahra menjadi salah satu nama anak perempuan yang banyak digunakan. Bahkan juga sangat populer penggunaannya di Indonesia. Namun sebenarnya, perlu mengetahui arti nama tersebut sebelum menggunakannya.

Apabila ingin mengikuti tren, penggunaan nama-nama populer memang diperbolehkan. Namun, Anda tetap perlu mengetahui maknanya terlebih dahulu. Hal itu karena arti nama menjadi sangat penting bagi kehidupan putri Anda nantinya. Bukan hanya mengenai panggilan ini kemungkinan akan digunakan untuk seumur hidup.

Makna dari sebuah nama juga akan menjadi lambang doa dan harapan kepada sang anak. Sehingga tidak hanya asal saja saat memberikannya sebuah nama. Pastinya akan tersirat doa dan harapan bagi orang tua. Azzahra ini juga memiliki sebuah makna baik dan penuh harapan. Sehingga ketahui terlebih dahulu makna dari nama Azzahra yang sebenarnya. Setelah itu, Anda baru dapat memutuskan apabila ingin menggunakannya untuk buah hati kelak.

Arti Nama Azzahra Identik dengan Penamaan Arab dan Sangat Bermakna
Ilustrasi arti nama Azzahra. Foto: Ist/Net

Ketahui Arti Nama Azzahra

Nama Azzahra ini memang identik dengan penamaan Arab atau Islami. Bahkan nama Azzahra banyak digunakan karena namanya juga digunakan oleh putri tercinta Rasulullah SAW. Teladan Fatimah Azzahra yang sebagai inspirasi penggunaan nama Azzahra. Nama Azzahra ini ternyata memang berasal dari bahasa Arab. Nama ini memiliki makna yang bagus dan sangat baik.

Tentunya tidak heran apabila nama ini menjadi sangat populer. Penggunaannya cukup banyak untuk nama anak perempuan. Nama Azzahra ini memiliki arti yaitu cantik, berseri-seri, bersinar, dan keindahan. Selain itu, juga dikaitkan dengan memiliki kecerdasan dan kecemerlangan. Fatimah Azzahra sebagai sosok yang paling menginspirasi nama penggunaan nama ini.

Baca Juga  37 Nama Bayi Perempuan Lahir Bulan Ramadhan

Fatimah Azzahra dengan kepribadiannya yang begitu sabar dan penyayang. Ia juga termasuk cerdas, kuat, bahkan berani. Harapannya sifat-sifatnya baik dari Fatimah ini dapat tumbuh di seorang anak perempuan. Sehingga para orang tua memilih untuk memberikan nama Azzahra. Tentunya memiliki sebuah doa dan harapan agar putrinya dapat tumbuh kuat dan cemerlang seperti halnya putri Rasulullah.

Asal Bahasa

Secara etimologi, Azzahra juga asalnya dari bahasa Arab. Nama Azzahra ini yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu Al dan Zahra. Dalam ejaan lainnya, juga dapat menulisnya dengan Az-Zahra atau Al-Zahra. Al merupakan semacam prefiks yang fungsinya mengkhususkan kata di belakangnya.

Untuk di Indonesia, Al yang artinya “yang,” “si,” atau “sang,”. Hal tersebut tampak serupa dengan “the” dalam bahasa Inggris. Sehingga kesimpulannya bahwa arti nama Azzahra hampir mirip dengan Zahra. Secara umum, Azzahra ini yang artinya yaitu bunga, keindahan, bersinar, atau cemerlang.

Arti ini akan menjadi berbeda apabila berdasarkan kombinasi dari Azzahra. Misalnya pada nama Azzahra Salsabila, maka akan menjadi bunga dari mata air surga. Begitu juga apabila menggabungkannya dengan kumpulan arti nama bayi yang lainnya.

Baca Juga  58 Nаmа Dераn Bауі Perempuan di Tаhun 2022

Azzahra dalam Sejarah Islam

Fatimah Azzahra binti Muhammad merupakan putri bungsu Nabi Muhammad SAW bersama Khadijah. Kelahiran Fatimah tersebut di Mekah pada Jumat, 20 Jumadil Akhir. Saat Fatimah berusia lima tahun, sang ayah memperoleh wahyu pertamanya. Kelahiran Fatimah ini tentu memberikan kegembiraan dan menyambutnya dengan wajah berseri-seri oleh Rasulullah.

Hal tersebut yang menjadikan Fatimah memperoleh julukan Azzahra. Arti nama Azzahra ini yaitu berseri-seri, cantik, dan kegembiraan. Selama hidupnya, Fatimah menyaksikan banyaknya peristiwa penting. Bahkan Fatimah menjadi salah satu orang kepercayaan Rasulullah selama hidupnya. Fatimah juga sebagai sosok teladan dan dihormati oleh umat Islam.

Fatimah termasuk sosok yang gigih saat membela Rasulullah dan menghadapi kaum quraisy. Bahkan juga memiliki banyak andil untuk dakwah penyebaran Islam. Fatimah sering menyebarkan berbagai ilmu yang ia peroleh dari Rasulullah untuk kaum muslimah.

Rasulullah tampak sangat menyayangi Fatimah. Setelah Rasulullah bepergian ia lebih dulu menjumpai Fatimah. Sebelum akhirnya menjumpai istrinya. Rasulullah pernah mengungkapkan rasa cintanya kepada sang putri Fatimah saat sedang diatas mimbar.

Dari keteladanan Fatimah Azzahra tersebut, arti nama Azzahra ini akan menjadi sangat bermakna. Sosok tersebut yang menjadi inspirasi bagi para orang tua sebagai nama putrinya. Anda juga dapat merangkai nama Azzahra dengan nama bayi perempuan lainnya. Sehingga akan membentuk rangkaian nama yang indah dan lebih sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.